Sensasi bubur ayam bandung

Baru pertama kali ini aku ngerasain sensasi bubur ayam bandung gratis lagi wkwkwk jadi tambah nikmat kan xixixi

Dan ternyata enak betul guys,,

Rasanya tuh,,lebih gurih dari bubur ayam biasa,,dan yang lebih enak tuh dikasih kacang kedelai guys

Gini nih cara buatnya

Bahan-bahan Resep Bubur Ayam

Ayam kampung (jumlah tergantung selera dan banyaknya bubur yang akan anda buat)

Garam secukupnya

1 ltr air

1/2 kg ceker ayam kampung jika ada

2 ltr air

250 gr beras

1,5 ltr air kaldu

2 lbr daun salamBahan Untuk Kuah

1 sdm minyak goreng

1/4 butir biji pala

750 ml air rebusan ayam

Garam secukupnya

Kecap manis sesuai selera

1 btg daun bawang

 diiris tipis Bumbu Halus

8 Siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 cm kunyit

3 butir kemiri, disangrai

1/4 sdt ketumbar, disangrai

1/4 sdt merica

Bahan Pelengkap Bubur Ayam

2 butir telur ayam rebus, dibelah menjadi 2

batang seledri, diiris halus

Bawang goreng secukupnya

Kacang Kedelai goreng

kerupuk

sambal


“Cara Membuat Bubur Ayam Khas Bandung”


1.Siapkan panci dan panaskan 1 ltr air kemudian rebus daging ayam sampai empuk jangan lupa masukkan garam sebelum matang.

 

2.Setelah Ayam matang kemudian daging suwir-suwir dan sisihkan air rebusan sebanyak kira-kira 750 ml. Sisa air rebusan ayam ini akan digunakan untuk kuah Bubur Ayam.

3.Untuk membuat kaldu ayam sebanyak 1,5 liter, rebuslah ceker ayam kampung dengan 2 ltr air hingga empuk dan wangi kaldunya terasa kemudian saring air rebusan sebanyak 1,5 liter.

4.Membuat bubur ayam anda harus kembali mendidihkan air kaldu dari rebusan ceker ayam yang telah dibuat tadi kemudian tambahkan beras beserta garam secukupnya dan daun salam. Masak sambil mengaduk-aduk sampai menjadi bubur.

5.Untuk membuat kuahBubur Ayam Khas Bandung, siapkan panci dan panaskan minyak, tumis bumbu halus dan pala hingga wangi lalu masukkan 750 ml air rebusan ayam berikan kecap manis secukupnya masaklah sampai kuah mendidih kemudian tambahkan daun bawang, dicicipi juka hambar anda bisa menambahkan garam dan kecap manisnya.

6.Untuk Bubur sudah jadi dan Kuah juga sudah siap kini tinggal cara penyajiannya.

Cara Penyajian Bubur Ayam Khas Bandung Siapkan mangkok saji, tambahkan buburtaburi ayam suwir, Telur Ayam Rebus, Seledri, Bawang goreng, Kedelai goreng lalu Siram dengan kuah secukupnya tambahkan sambal dan kerupuk jika anda suka.


resepindon.blogspot.com >Home>Makanan Khas

bubur ayam bandung dengan kuah kuning

selamat mencoba guys..

Advertisements

“TRUNTI”: Truntum Sidomukti

#batikTRUNTUM#batikSIDOMUKTI

  Ada yang tau batik diatas nggak?(geleng geleng ngerutin dahi)



  Biasanya,embak embak yang mo naik pelaminan nih.. yang tau…wkwkwk 

maap maap nie ye,,

buat para embakku yang udah timingnya married … tapi blom married,dan still jomblo,,,,

aku doakan ya mbak,,, semoga cepat dipertemukan oleh jodoh kalian masing masing,,

                         ….amienn…

Tumben tumbenan yak,gua jadi sok bijak..

Nasihatin orang yang lebih tua,lagi… (parah ni penulisnya) wkwkwk

Atau nggak.. her mother of brade (kali kali pake bahasa inggris) atau orang tua si mempelai..

 yang tau…tentang doi doi tadi. Doi siapa hayo,,, ya itu tu..

truntum sama sidomukti

Yaudah lah ya,,,,aku jelasin aja…biar kalian juga tau,aku nge share ini juga karena aku dapet ilmu dari guru..  (bukan ilmu batin apalagi telepati loh ya), dan aku kasih buat kalian cemua…. wkwkwk Baik kan aku…

BATIK TRUNTUM

   

Sejarah singkat batik

        Batik ini di ciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana(permaisuri dari Sunan Pakubuwono III)

    dari Surakarta Hadiningrat.Beliau biasa dipanggil dengan nama ratu Beruk

    Nah terus kenapa sih? Ratu beruk menciptakan batik truntum ini? Awalnya tuh gimana?

    Awalnya gini ni,

    Pada jaman dahulu kala,ratu Beruk  tidak bisa memberikan keturunan kepada suaminya,yaitu Sunan Pakubuwono III.

    Sehingga membuat sang raja berniat untuk menikah lagi.

    Sang ratu sepertinya tidak dapat berbuat apa apa lagi,karena keputusan sang raja tak bisa di ganggu gugat.

    Kemudian sang ratu merenung sambil menatap bintang di langit.nah,untuk mengusir kesendirian dan kepedihannya,sang ratu pun mulai melakukan kegiatan membatik.
    Dengan membuat motif batik bintang dilangit kelam,yang selama ini menemani kesendiriannya.dan diwarnai dengan warna coklat berlatar hitam.dan dikombinasi dengan lambang garuda atau gurdho

    Batik yang dibuat oleh sang ratu itu,didedikasikan untuk sang raja Sunan Pakubuwono III.

    yaitu sebagai wujud rasa cintanya yang begitu mendalam dalam ketulusan yang akan terus berkembang. 

    Saking tekun dan telitinya ratu Beruk membatik, membuat sang raja terpikat kembali oleh sang ratu dan kembali jatuh cinta kepadanya,dan memutuskan untuk membatalkan pernikahannya

                                 ~selesai~

    Jadi kesimpulannya,

    Batik truntum atau tumaruntum(berkembang)

     ini, memiliki makna:

    “Harapan agar cinta kasih para mempelai terus berkembang dan terjaga dalam kebahagiaan.”

    Batik ini biasa digunakan oleh orangtua kedua mempelai, pada saat pernikahan.

    “Dengan tujuan untuk menuntun kedua mempelai ,dalam memasuki kehidupan baru.”


    BATIK SIDOMUKTI

    Batik ini juga dikenal dengan nama batik sawitan dan dikenakan pada saat upacara pernikahan 

    Sido : terus menerus atau menjadi

    Mukti : hidup berkecukupan atau bahagia.

     

    Jika digabung menjadi:

    “harapan masa depan yang baik dan penuh kebahagiaan bagi kedua mempelai.”

    Para pembatik sebelum membuat motif batik Sidomukti biasanya melakukan puasa dan doa,agar siapa saja yang memakai batik buatannya memperoleh mukti atau kebahagiaan yang sempurna. 

    Beberapa motif yang ada di Sidomukti yaitu :

    • Motif Ukel

    Yang bentuknya menyerupai koma.semakin kecil ukuran ukelnya,semakin tinggi kualitas mutu seninya.

    • Motif Gurda

    Motif kotak kotak yang bergambar kupu  kupu dengan kereta pengantin yang ditandu di bahu.

    Nah itu tadi,ulasan  tentang batik trunti alias truntum dan sidomukti

    Pernikahan adat jawa Gibran Rakabuming dan Selvi ananda

    Semoga menambah wawasan kalian…

    Terimakasih untuk kalian,yang telah memberi bintang ataupun comment..

    Salam nulis,

    Dari penulis 

    “MERAPI” waspada; “kitapun harus berjaga”

    #TangguhAward2018 #BudayaSadarBencana #SiapUntukSelamat



    Hayo? siapa nih yang tinggal di Yogyakarta terutama Sleman?

    •••

    Jujur ,, guncangan berkali-kali pada bulan Mei dan Juni kemarin, membuat saya trauma *huhuhu

    •••
    Secara,di kota asal saya,adem ayem tentrem, tuh alhamdulillah nggak ada apa apa , seperti gunung yang aktif ataupun bencana alam lainnya,,
    lah …pas saya pindah di Sleman,tanpa di bekali ilmu tentang “bagaimana kesiapan  kita menghadapi suatu bencana alam” 

    membuat saya takut jika si gunung tiba tiba muntah atau flu, naudzubillah ,,,
    Dan semua yang kukhawatirkan selama ini, malah terjadi,saya selalu berdoa,supaya dilindungi oleh allah SWT.

    •••

    Hidup jauh dari orang tua,membuat saya harus mandiri dan cepat dalam bertindak
    Saya takut banget pas kejadian gunung merapi mengeluarkan asap, dan sebelum itu sempat terjadi guncangan.

    Pada saat itu, pikiran sudah macam macam dan tak bisa berpikir jernih ;(

    •••
    Guncangan pertama itu,terjadi di hari Jumat ,Tanggal 11 mei 2018 waktu itu, saya sedang dikelas,dan berlangsung mata pelajaran sejarah kebudayaan islam,sekitaran jam sembilan kurang, kalo gak salah,terjadi guncangan di sisi kiri tembok,dan kelas saya kebetulan di lantai atas ,saya kira itu helikopter, atau sejenisnya ,yang sedang mendarat di dekat sekolah saya,,,tapi yo ra mungkin to? *pikir saya

    Orang sekolah saya mewah.. (alias mepet sawah) Wkwkwk mana ada tempat buat si burung besi itu mendarat.

     Dan malah, bangunnya seperti mau ambrol Dan bunyi gemuruh disertai gempa.

    •••

    Sontak , saya dan teman teman saya,langsung keluar dari ruangan,dan teman saya yang mempunyai gadget langsung lari keluar sambil membawa gadget yang tadinya tergeletak di meja guru.namun pas saya keluar dari kelas saya,saya heran,lho kok yang dibawah pada foto foto? What happen? Gumamku,
    Dan benar dugaanku,suara gemuruh tadi, tak lain berasal dari gunung merapi,,setelah saya diajak teman saya melihat gunung merapi yang terlihat jelas di dekat tangga,,,dan Gunung itu terlihat sedang mengeluarkan asap tebal.

    Dan usut punya usut…
    Katanya sih,terdapat material di  sekitar kawah yang membuat si gunung mengeluarkan asapnya,,

    but i don’t know realnya ,,,

    Hanya BNPB dan tuhan lah yang tau…

     ;(

    •••

    pada saat itu,semua siswa diizinkan untuk pulang.dan saya pun pulang ke asrama sekolah di boncengin teman saya,

    lho,,,pas saya sampai di asrama,semuanya udah pada pulang,pada ngungsi sendiri sendiri.Tinggal 1 orang di depan asrama.Saya semakin panik tuh,untung saja,mbak asrama ,yaitu mbak vika meyempatkan waktu, untuk mengantar saya terlebih dahulu.. dan tujuan ngungsi saya adalah ke tempat kerjanya kakak saya.Tapi, kata mbak asrama gini.

    “kamu malah ngungsinya ke atas malah mendekati gunung nya,,”

     ha?iya po?yokan saya nggak tau,,gunungnya di arah mana aja ,saya nggak tau..

    Tapi syukur,,alhamdulillah,,pas saya sampai di tempat kerjanya kakak saya nggak ada apa apa,,dan kakak saya malah lagi sibuk nata barang,dan akhirnya saya bantuin kakak saya deh,,


    Tak berakhir disitu saja,gunung merapi kembali membuat saya senam jantung,bagaimana tidak? Hari itu juga terjadi pada hari jum’at,,kebetulan sekolah libur,waktu itu, liburnya karena awal ramadhan,kalo gak salah..

     Nah saat itu,,saya posisinya sedang tidur nih.dan kejadiannya seperti ada batu besar yang menggelinding … 

    bisa bayangin gak? Batu besar,glinding lagi,,,

    •••

     Gludug gludug gludug gitu,,suaranya kalo menurutku,untung saja,saya tidurnya tidak sendirian,ada teman saya, ,teman satu kamar,,saya dan teman saya itu,langsung keluar,dalam keadaan masih wajah wajah tidur,lepek dan sebagainya,,wkwkwk lha gimana lagi,namanya juga panik.nah untungnya juga saya sudah siap siap nih,baju yang mau dibawa,sama uangnya,
    saya diajak ngungsi di rumahnya penjaga asrama,sama kakak kelas, yaitu mbak tiara yaitu di daerah plosokuning,minomartani,sebelum saya sama mbak tiara ke plosokuning, saya membeli masker,untuk jaga jaga,, pas lewat desa di sekitar asrama,,

    Nah pas saya melewati rumah rumah warga,, lho kok pada biasa aja ya?

    warganya,santai,,,ngobrol ngobrol biasa,di depan rumah,,apa pada nggak kepikiran buat ngungsi ya?

    Orang saya aja kaget nya sampe setengah mati,,dan pengen cepet cepet pergi…

    •••

    Padahal bagian barat,awannya terlihat sangat hitam dan tebal,ternyata, ,,abu tersebut sampai ke Semarang,,,kawan kawan..

    nah,pas perjalanan ke plosokuning, saya ditanya sama mbak tiara, lho,kamu nggak pake helm po? 

    Aku, sambil megang kepala,oiya mbak,,aku lupa,mungkin nggak terbiasa pakek helm,soale belum pernah bepergian jauh,,sungguh pelupa saya orangnya,saya di sana hanya setengah hari,dan kembali pulang ke asrama,karena dirasa sudah aman,

    •••
    Nah,,kesimpulan saya dari experience saya mengenai bencana alam diatas,

    Saya dapat menyimpulkan,bahwa ternyata

    Banyak  warga yang belum mempunyai kesadaran akan bahaya bencana alam,seperti yang saya ceritakan,diatas..

    Dan saran saya,supaya kalian tetap aman,yaitu:

    1. Jika kalian anak rantauan,disarankan untuk kalian menfollow akun media sosialnya,BNPB, entah itu instagramnya,ataupun twitternya.agar kalian bisa tau,kabar kabar terkini,dan bisa selalu update 
    2. Data barang barang yang akan dibawa,dan sewaktu waktu,kalau mendesak, bisa langsung mengambil barang, yang di data tadi,,,kan jadi nggak usah nginget Inget..yang mau dibawa apa..seperti beberapa baju,masker,uang,dan lain sebagainya..
    3. searching,cara cara kesiapan kita untuk menghadapi bencana alam,,supaya kita tidak panik,,dan malah membuang buang waktu.
    4. Selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa,sesuai dengan keyakinan kalian masing masing, semoga kita selalu dilindungi olehNya Dari bencana alam ataupun yang lainnya yang bisa saja membahayakan nyawa kita.

    Nah itu tadi,saran dari saya, semoga bermanfaat.​

    Tulisan ini diikutkan Dalam LOMBA KREATIVITAS KEBENCANAAN TANGGUH AWARD 2018

    www.bnpb.go.id

    IPA VeRSuS IPS

    #alamdansosial#salingmelengkapiituindah

    gelombang ombak dan nyiur hijau

    “Salam nulis,dari penulis,yang manis dan humoris” #wkwkwk


    Hai hai hai ,,,wordpress readers…


    dimanapun kalian berada,,,semoga kalian baik baik aja. amienn…


    Sedikit cerita dari aku,perbedaan anak IPA dan IPS yang saling melengkapi wkwkwk

     

    karena sejatinya,saling melengkapi adalah sebuah keindahan,,,

    layaknya buku akan menjadi kosong dan tak bermakna kalau tak ada bolpen ataupun spidol yang melengkapinya dan mewarnainya dengan warna yang berwarna warni cielah…



    Berikut ini aku sudah merangkumnya so,, jangan sampai kalian nggak baca sampai akhir ya guys,,,wkwkwk


    HUMORIS



    Hayo,,siapa nih yang ambil jurusan IPS pas sma dulu,,?
    Kebanyakan,anak IPS lebih humoris dan suka bersenang senang,,,
    mereka tidak terlalu sepaneng dengan pelajaran mereka,,,
    mereka justru akan bernyanyi nyanyi dengan gitar ataupun kencrung bawaan mereka,saat istirahat maupun jam jam kosong lho…

    wah,,surga dunia banget buat mereka yaa,,so bribiklah Anak IPS karena mereka itu humoris,,dalam arti  bisa membuat orang lain tertawa dan senang wkwkwk

    PENDIAM

    duduk menyendiri

    Nah,,ini nih yang dipunyai oleh kebanyakan, anak IPA,,berbeda dengan anak IPS yang humoris atau periang,,tidak dengan anak IPA,,,

    mereka sangat famous dengan ciri khas peribahasa mereka yaitu 

    air tenang menghanyutkan 

    peribahasa itu …

    cocok buat mereka yang memilih jur.IPA karena,,,mereka akan cenderung fokus {setia gitu dech…}

    dengan semua pelajaran dan selalu teguh pendirian untuk bisa paham apa yang disampaikan guru mereka 

    Cielahhh anak teladan nih yeee xixi


    AWET
    MUDA

    Entah kenapa aku memberikan point ini untuk kalian wahai anak IPS Kenapa???(gak terima)

    Ada yang tau kah?

    ini ada kaitannya, dengan sifat anak IPS,,yang awal tadi,yaitu humoris.lha terus apa hubungannya? 
    Jadi,banyak orang bahkan guru guru berpendapat, bahwa anak IPS awet muda karena mereka tidak terlalu sepaneng dengan pelajaran mereka,dan dibawa santai aja..

    sante aja kali,,hidup itu jangan dibuat susah, jalanin aja 

    Bahkan,kebanyakan guru akan cepat hafal nama murid murid IPS daripada IPA,,karena mereka,terkenal ceplas ceplos

    TERLIHAT TUA DARI UMURNYA

    The conversation pas pelajaran ekonomi berlangsung ;

    Guru : saya datang kesini untuk pertama kalinya,dan mengajar mapel ekonomi,,saya percaya kalau kalian akan lebih cepat paham daripada anak IPS(senyum ceria)

    kalian mampu?

    Para siswa:insyaallah buuu

    Guru:soalnya,saya masuk auranya sudah berbeda dari anak IPS. dan wajah kalian juga sangat terpaut jauh oleh umur kalian

    siswa 1 : maksudnya?(mbatin dalam hati)ohh,,muka kita terlihat tua dari umur kita,,gitu buk??(mengerutkan dahi)

    Guru:nah,saya mau ngomong gitu,tapi kok nggak nyandak alias nggak kesampaian (tertawa)

    para siswa: huahahahaaha(tertawa sedih;meratapi nasib)

    Wkwkwk anak IPA terbukti lebih terlihat tua dari umurnya,dan itu dibuktikan oleh guru saya. Bukan opini saya…wkwkwk

    AMBURADUL



    Udah Bajunya nggak dimasukin,rambut lecek, celana nyetrit alias dipensil,motor hasil thailook,telat lagi..

    Tak diragukan lagi..ini anak IPS pastinya,,sudah kuduga wkwkwk

    Karena,mereka tidak terlalu memementingkan  kerapian,,

    NEAT

    udah badannya tinggi, rambut di pomade,pake kacamata,dari atas sampai bawah rapi,,Terus ditambah wangi lagi..idaman nih,,,

    dan memang sudah kodratnya ,anak IPA kebanyakan dicap (stempel kali,,di cap cap segalak) #wkwkwk 

    Anak IPA dicap “neat” sama guru dan lainnya


    Nah,,,itu dia,,kawans perbedaan dari anak IPA dan IPS yang saling melengkapi bukan?

    Karena sejatinya saling melengkapi adalah sebuah keindahan , untuk dapat menutupi segala kekurangan kita..

    Seperti yang aku ceritakan di atas…

    Cuit Cuit, ,,ternyata penulis nya juga romantis wkwkwk

    Receh dehh,,,maapin yak….



    Sekian dari sang penulis,,,semoga menghibur dan syukron buat kalian yang udah memberikan bintang dan comment..

    ~200718~

    INDONESIA : surganya cita rasa masakan

    #rempahrempah#dishes

    •Salam nulis kawans•

    Hari ini, aku mau menulis dengan tulisan yang berjudul ,,,,jeng jeng jeng

    INDONESIA surganya cita rasa masakan 
    Hayo,,aku mau tanya nih,,apa makanan khas kota kelahiran kalian?

    Kalo punyaku sih ada bakso uleg

    bakso uleg khas temanggung

    ditambah ketupat dan lombok rawit khas temanggung

    Dan…ada
    Brongkos Kikil Kepala Kambing khas Temanggung 

    Brongkos kikil temanggung

    Asliii pedesnya mancapp gila wkwkwkwk lebay yak


    yang pernah ke Wonosobo,,terus mampir dulu ke Temanggung, 

    pasti pernah ya,,,ngerasain bakso uleg,,kalo nggak  Brongkos Kikil Kepala Kambing khas Temanggung dan masih banyak lagii,,yang aku nggak bisa nyebutin satu satu,,
    Sorry sorry dorryy kawanss



    Kalau kalian yang demen travelling, menelusuri indahnya nusantara dari Sabang sampai merauke…

     dan travellingnya especially all about makanan atau yang will known nya di vlog kalau gak salah demen makan.. Bener gak sih? Moga aja bener wkwkwk
    Nah yang kayak gitu tu?? juga pastinya tak diragukan lagi.

      You know About what a delicious Food have from indonesia 

    Wkwkwk sok inggris e penulisnya. Gapapa kan ya,,,songong dikit xixixi
    Telisik punya Telisik, ,usut punya usut,,ini nih kenapa masakan indonesia kaya akan rasa, ,,dan tak diragukan lagi,menjadi 

    surganya cita rasa masakan

    Buktinya,,,

    negara kita dijajah oleh belanda,,,awalnya cuman gara gara apa guys?? Did you know?

    Yaitu tadi,, cita rasa masakannya,,,

    rempah rempah indonesia

    Yess thats right beibehh wkwkwk 🙂
    Pendapat diatas,,,yaitu hasil aku ndengerin dongengannya pak sejarah indonesiaku,,,kalau pertamanya nih,,,kasultanan di Yogyakarta pernah sesekali menjamu tamu dari Belanda,,
    Dan disuguhi oleh sang raja,,,beraneka ragam makanan khas jogja yang kaya akan rempah Rempahnya.
    Dan yang lebih WOW nya,,ternyata rempah rempah di indonesia, jumlahnya buanyakkk Sekali guyss,, sekitar 64 jenis rempah ada di nusantara…
    Makanya,,belanda penasaran nih,,

    kok, masakannya sedep ya?ada rasa manisnya,,asinnya,,dan harum khas rempah rempah

    Nah itu adalah sedikit ceritaku yang aku bagikan kepada kawansss kawansss penghuni wordpress readers semuaa,,,

    Wkwkwwk
    Dan kalau ada yang kurang mohon di tambahkan di kolom komentar,,karena sang penulis juga masih belajar berjalan layaknya anak bayi yang masih umur 7 


    Jadi, saran kalian sangatlah berharga bagiku
    Heheeh receh banget sih gue :v
    Syukron katsirr buat kalian WordPress readers yang telah meninggalkan jejak, ,entah itu like ataupun komen..

    Bonus buat kalian wkwkw

    ~200718~

    INDAHNYA BERORGANISASI

    #organisasi#kitaaktifbukanpasif

    Semuanya indah jika kita menikmatinya dan tidak membebankannya..

    seperti halnya organisasi, entah itu organisasi di sekolah,seperti OSIS ataupun dewan ambalan,juga di masyarakat seperti karang taruna,dan lain sebagainya,,,
    kalian semua,pasti butuh orang lain, untuk mengerjakan sesuatu,,entah itu tugas,ataupun yang lainnya.gak mungkin kan?kalau kalian tidak membutuhkan orang lain,,dan independen ?
    Mustahil, jika nggak ada yang membutuhkan orang lain. atau yang lebih akrabnya membutuhkan teman, gitu lah

    Cuman sekedar berbagi cerita aja,kalau aku juga ngerasain jadi kelompok suatu organisasi,,yaitu osis.dan kalian tau gak sih?sungguh indahnya berorganisasi 🙂 

    selama aku menjabat sebagai anggota osis,aku menjadi manusia, yang lebih baik dari yang sebelum nya ;( jadi mewek

    Dari yang pertama nih,,,aku bisa yang namanya 

    INTROPEKSI DIRI

    Kita dikasih dua mata di depan kan?

    Tapi kita tidak bisa melihat ke belakang ,ini perumpamaan ya kawan,,,

    Jadi,intinya,,,

    kita bisa aja men judge Orang lain,,dari keburukannya mereka,kekurangan mereka,dan lain sebagainya,but,,did you know?kita gak melihat diri kita sendiri sebelum menghakimi orang lain,,,,bisa aja kita malah lebih buruk dari orang yang kita judge.

    And the second is,,,aku bisa lebih…

    PEKA TERHADAP SESAMA

    Peka?iya peka!

    Kita lebih ngerti sama teman kita sendiri,,,kita menjadi ingat,,bahwa kita harus saling membantu, dan bekerja sama,,,bukannya cuek,dan lainnya

    Yang ketiga nih,,

    Gampang nimbrung


    Sorry ya,,bahasa jawa,,,soale aku bingung membahasa indonesiakannya,,,wkwkwk

    Jadi,,gampang nimbrung 

    Gampang itu,,bahasa indonesianya,mudah

    Dan nimbrung itu,,ngumpul 

    Jadi, gampang nimbrung itu,,kita menjadi banyak bertanya,,lebih aktif,,dan menjadi tidak pendiam,,apalagi cuek,,,setiap ada apa apa, kita selalu update,, ada apa nih?gue tugasnya ngapain? Dan etc

    Banyak sih keuntungan dari kita berorganisasi,,tapi aku nulisnya, cukup sampe disini aja,,aku lanjut,,next time,,